Matematika SD

Jawab! 13 Soal Pemecahan Masalah Matematika Kelas 3 SD yang Sulit

Apakah kalian sedang mencari contoh referensi soal pemecahan masalah matematika kelas 3 SD? Selamat kalian datang ditempat yang tepat. Disini saya akan membagikan 13 soal tentang pemecahan masalah matematika untuk kelas 3 SD

Belajar untuk bisa menyelesaikan soal cerita tentu saja harus dikuasai oleh anak-anak kelas 3 SD. Hal ini terkait dengan bagaimana sih cara dan juga langkah-langkah yang harus dilakukan oleh setiap siswa agar bisa menjawab dan juga mengerjakan soal-soal cerita tersebut. Untuk itu, pada postingan kali ini saya sudah membagikan beberapa soal pemecahan masalah matematika kelas 3 sd yang mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi belajar.

Sebab jika dengan hanya membaca maupun mendengarkan penjelasan saya, tentu saja seorang guru tidak akan bisa membantu maupun memberikan pemahaman terhadap siswanya untuk menyelesaikan soal-soal cerita tersebut. Untuk itu, siswa sendiri lah yang harus bisa memahami pemecahan masalah dalam soal cerita di pelajaran matematika tersebut.

Untuk bisa memilih kemampuan dan juga menyelesaikan soal cerita, tentunya dibutuhkan pengetahuan tentang prasyarat misalnya seperti menguasai terlebih dulu tentang langkah-langkah untuk bisa menyelesaikan masalah maupun mengerti tujuan dari soal cerita tersebut.

Berikut Soal Pemecahan Masalah Matematika Kelas 3 SD

Beberapa soal pemecahan masalah matematika kelas 3 sd tentu saja bisa anda gunakan untuk melatih kemampuan anak-anak. Dengan sering-sering mengerjakan soal matematika terkait pemecahan masalah, harapannya para siswa bisa mengerti dan melatih kemampuan anak untuk memecahkan masalah.

Nah untuk itu, berikut dibawah ini adalah beberapa soal pemecahan masalah matematika kelas 3 sd yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam melatih kemampuan analisis anak. Melalui soal cerita seperti dibawah ini, anak-anak bisa menganalisis kira-kira cara seperti apa yang cocok dan harus digunakan untuk menjawab soal cerita.

Sebab dalam ilmu matematika, tidak hanya berkaitan dengan angka-angka saja. Namun juga tentang penalaran terkait penerapan dari ilmu matematika tersebut di dalam kehidupan sehari-hari anak. Itulah beberapa contoh soal pemecahan masalah matematika kelas 3 SD. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari referensi soal pemecahan masalah matematika kelas 3 SD. Harapannya, para siswa bisa terlatih untuk menganalisis bagaimana pemecahan masalah dari soal cerita diatas.

Soal terdiri dari 13 soal, setiap soal akan diberikan waktu 180 detik, dan setiap soal benar mendapatkan 1 poin dan salah tidak mendapatkan poin. Nanti diakhir kalian akan melihat skor yang kalian dapatkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan keteman-teman kalian kita belajar bersama-sama disini.

This is a timed quiz. You will be given 180 seconds per question. Are you ready?

180
0%

Ani membeli banyak buku. Buku tersebut kemudian dikirim dengan mobil sebanyak 5 kali. Mobil pertama mengirim buku sebanyak 148 buku. Kemudian Mobil kedua mengirim buku sebanyak 342 buku, Mobil ketiga mengirim buku sebanyak 197 buku, mobil keempat mengirim buku sebanyak 223 buku, dan mobil kelima mengirim buku sebanyak 311 buku. Berapa jumlah pakaian yang dibeli Ibu?

Correct! Wrong!

Pak Ahmad adalah seorang pedagang apel. Saat ini dia memiliki 695 apel dan sorenya ternyata laku terjual 605 apel. Keesokan harinya Pak Ahmad membeli stok apel lagi sebanyak 574 dan sorenya laku terjual 559 apel. Berapakah stok sisa apel pak Ahmad?

Correct! Wrong!

Pak rahmat membeli 1 liter bensin dengan harga Rp9.000. Ditempat yang sama dengan Pak Rahmat, Pak Budi membeli setengah liter bensin dengan harga ...

Correct! Wrong!

Rudi memiliki 56 kelereng kemudian dia bermain dengan teman-temannya. Setiap menang pertandingan rudi akan mendapatkan 5 kelereng, dan jika kalah pertandingan Rudi kehilangan 3 kelereng. Selama pertandingan Rudi berhasil menang 4 kali dan kalah 2 kali. Berapakah jumlah kelereng Rudi sekarang?

Correct! Wrong!

Seekor Katak dapat melompat jauh. Katak dapat melompat mulai dari angka 0 sampai angka 40. Setiap kali katak melompat dapat melewati 5 angka. Berapa kali katak melompat hingga sampai ke angka 40?

Correct! Wrong!

Pada sebuah pertandingan lari terdapat 4 peserta. Ahmad dapat mencapai garis finish dalam waktu 10 menit. Didi dapat mencapai garis finish 3 menit lebih cepat dari Ahmad, Leo dapat mencapai garis finish 2 menit lebit lambat dari Didi, Tanto dapat mencapai garis finish 4 menit lebih cepat dari Leo. Berapakah waktu yang didapatkan Tanto untuk dapat mencapai garis finish?

Correct! Wrong!

Ibu mempunyai benang sepanjang 3m. Kemudian dia gunakan untuk menjahit baju. Tiba-tiba benang Ibu putus sepanjang 64 cm. Berapakah sisa benang Ibu sekarang?

Correct! Wrong!

Dinda ingin membeli baju cantik dengan harga Rp108.000. Untuk membeli beli cantik itu Dinda harus menabung, setiap hari Dinda dikasih uang Jajan Rp10.000 dan karena ingin membeli baju Dinda menyisihkan dari uang jajannya Rp6.000. Berapa hari yang dibutuhkan Dinda agar uang tabungan Dinda cukup untuk membeli baju cantik?

Correct! Wrong!

Suatu hari ayah membeli dua kotak kentang yang masing masing kotak berisi 5 kentang. Ibu ingin memasak perkedel dan masih butuh 45 kentang lagi. Berapa banyak kentang yang harus dibeli ayah?

Correct! Wrong!

Terdapat sebuah pertandingan lari. Juna mencapai garis finish dengan waktu 9 menit. Anto mencapai finish 2 menit lebih cepat dari Juna, Budi mencapai finish 4 menit lebih lambat dari Juna dan Danu mencapai finish 1 menit lebih cepat dari Anto. Urutkanlah dari peserta tercepat ke terlama!

Correct! Wrong!

Susi membeli buah jeruk sebanyak 90 buah. Kemudian Susi memberikan 23 buah jeruk untuk adeknya. Kemudian Susi membeli lagi 19 buah jeruk. Berapakah jumlah jeruk Susi sekarang?

Correct! Wrong!

Badu ingin tidur siang dan minta untuk dapat dibangunkan setelah 80 menit. Jika Badu mulai tidur pukul 10.40. Pukul berapa Badu akan dibangunkan?

Correct! Wrong!

Paman memiliki 50 baju. Paman ingin membagikannya kepada 5 orang. Maka setiap orang mendapatkan berapa baju?

Correct! Wrong!

Soal Pemecahan Masalah Matematika Kelas 3 SD

Share your Results: