Tanya Jawab

Jawaban 1.berikan contoh sumber tegangan yang digunakan dalam rangkaian elektronika? 2.apa sifat anode dan k…

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: 1.berikan contoh sumber tegangan yang digunakan dalam rangkaian elektronika? 2.apa sifat anode dan k…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

1.berikan contoh sumber tegangan yang digunakan dalam rangkaian elektronika?
2.apa sifat anode dan katode?
3.apa yg anda ketahui tentang resistor variabel?
4.jelaskan yang dimaksud dengan arus searah ?
5.komponen elektronika apakah yang dapat menghubungkan atau memutus arus listrik?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: 1.berikan contoh sumber tegangan yang digunakan dalam rangkaian elektronika?
2.apa sifat anode dan katode?
3.apa yg anda ketahui tentang resistor variabel?
4.jelaskan yang dimaksud dengan arus searah ?
5.komponen elektronika apakah yang dapat menghubungkan atau memutus arus listrik?

Ini Nomor 1
Komponen Elektronika PasifKomponen pasif adalah komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak membutuhkan suber tegangan atau sumber arus tersendiri. Komponen pasif pada umumnya digunakan sebagai pembatas arus, pembagi tegangan, tank circuit dan filter pasif. 
A. Resistor Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penghambat/pembatas arus listrik. Berikut adalah simbol dan salah satu bentuk fisik resistor.Dalam aplikasinya resistor dapat dirangkai secara seri dan paralel, pada rangkaian seri maka resistor dapat difungsikan sebagai pembagi tegangan dengan karakteristik nilai resistor akan bertambahsesuai dengan nilai resistor yang dihubung seri tersebut. 
B. Kapasitor Kapasitor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik sementara. Bentuk fisik salah satu kapasitor dan simbol kapasitor dapat dilihat seperti pada gambar berikut.Besar kecilnya muatan listrik yang dapat disimpan olehkapasitor sebanding dengan nilai kapasitas kapasitor tersebut. S
C. Induktor×Powered By LaSuperbaInduktor atau kumparan adalah komponen elektronika yang dibuat dari kawat email yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki nilai reaktansi. Induktor dapat digunakan untuk menahan arus AC dan melewatkan arus DC. Bentuk dan simbol induktor secara umum dapat dilihat pada gambar berikut.Induktor bersama resistor dan kapasitor dapat digunakan sebagaisuatu filter atau tapis dalam rangkaian pemroses sinyal. Induktor dapat banyak di jumpai dalam perangkat elektronika yang bekerja sebagai pemroses sinyal radio.
D. SaklarSaklar adalah komponen elektronika yang bekerja sebagai pemutus atau pemilih sinyal secara mekanik. Saklar memiliki dua bagian utama yaitu kontaktor dan tuas saklar.Salah satu bentuk dan simbol saklar dapat dilihat pada gambarberikut.
.
E. DiodeDiode adalah komponen pasif yang dibuat dari bahan semikonduktor. Dioda berfungsi untukmengalirkan arus listri DC dalam satu arah saja.2. Komponen Elektronika AktifKomponen aktif adalah komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya membutuhkan sumber tegangan atau sumber arus dari luar.
.A. TransistorTransistor merupakan komponen aktif yang dibangun dari tiga lempeng semikonduktor tipe P dan tipe N. Transistor dapat berfungsi sebagai penguat sinyal dan dapat jugaberfungsi sebagai saklar elektronik. Berikut adalah salah satu contoh dan simbol transistor.Transistor BipolarTransistor UnipolarTransistor terdiri dari dua tipe yaitu transisor NPN dan PNP. .
B. ThyristorThyristor disebut juga dengan SCR ( Silicon Controlled Rectifier) dan banyak digunakan sebagai saklar elektronik. Thyristor sering digunakan sebagai saklar elektronik pada rangkaian listrik yang bekerja dengan sumber tegangan AC.

C. TransducerTransducer adalah komponen elektronika yang dapat mengubah besaran fisik menjadi besaran listrik atau sebaliknya mengubah besaran listrik menjadi besaran fisik. Transducer yang berfungsi untuk mengubah besaran fisik menjadi besaran listrik sering disebut sebagai sensor. Contoh umum transducer sebagai sensor antara lain NTC, PTC, LDR, Phototransistor dan Solarcell. Kemudian contoh transducer yang mengubah besaran listrik menjadi besaran fisik adalah LED, Loud Speaker, Motor Listrik dan Relay.

Sekian tanya-jawab mengenai 1.berikan contoh sumber tegangan yang digunakan dalam rangkaian elektronika? 2.apa sifat anode dan k…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.