Tanya Jawab

Jawaban 1).Tuliskan contoh teks eksplanasi! 2).Apa isi bagian pernyataan umum pada teks eksplanasi? 3).Jelas…

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: 1).Tuliskan contoh teks eksplanasi! 2).Apa isi bagian pernyataan umum pada teks eksplanasi? 3).Jelas…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

1).Tuliskan contoh teks eksplanasi!

2).Apa isi bagian pernyataan umum pada teks eksplanasi?

3).Jelaskan urutan struktur teks pidato

4).Buatlah contoh kalimat pembukaan pidato!

4).Sebutkan langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk berpidato!
Tolng dijawab secepat nya y POIN Bnyk lo
-NO NGASAL YA!

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: 1).Tuliskan contoh teks eksplanasi!

2).Apa isi bagian pernyataan umum pada teks eksplanasi?

3).Jelaskan urutan struktur teks pidato

4).Buatlah contoh kalimat pembukaan pidato!

4).Sebutkan langkah-langkah yang harus dipersiapkan untuk berpidato!
Tolng dijawab secepat nya y POIN Bnyk lo
-NO NGASAL YA!

Jawaban:

1.Gempa Aceh

Gempa dahsyat pernah terjadi di Aceh, 26 Desember 2004, pada pukul 17.58 WIB. Pusat gempa terletak di sebelah barat Aceh dengan kedalaman 10 km. Bencana ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Dampak kerusakan, meliputi Aceh, Sumatera Utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.

Gempa ini mengakibatkan gelombang laut setinggi 9 meter. Kekuatan gempa pada penghujung tahun 2004 itu mencapai 9.0 richter dengan korban tewas mencapai 283.100, 14.000 orang hilang dan 1.126.900 kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi yang disertai gelombang tsunami itu merupakan bencana yang mengakibatkan kematian terbesar sepanjang sejarah.

Di Indonesia, gempa menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di kawasan Meulaboh dan Banda Aceh di ujung Sumatera. Di Banda Aceh, sekitar 50% dari semua bangunan rusak terkena tsunami, sedangkan untuk korban jiwa ,n disebabkan oleh tsunami yang menghantam kawasan pantai Barat Aceh dan Sumatera Utara

2.Pernyataan Umum, Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.

3.Secara garis besar, struktur teks pidato terdiri dari tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Pada bagian pembukaan pidato ini, orator akan menyampaikan pembukaan berupa salam, ucapan syukur, hingga ucapan penghormatan

4.Memahami Materi yang Akan Disampaikan.

Membacanya dengan Tenang.

Pakai Ekspresi yang Tepat.

4. Sampaikan dengan Suara yang Lantang.

Perhatikan Ejaan dan Tanda Baca.

6. Sampaikan Tanpa Terburu-buru.

7. Menyapa Audiens.

Awali dengan Senyuman.

Penjelasan:

Kalo kepanjangan silakan disingkat

Sekian tanya-jawab mengenai 1).Tuliskan contoh teks eksplanasi! 2).Apa isi bagian pernyataan umum pada teks eksplanasi? 3).Jelas…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.