Tanya Jawab

Jawaban Apakah ciri ciri tumbuhan dikotil

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Apakah ciri ciri tumbuhan dikotil, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Apakah ciri ciri tumbuhan dikotil

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Apakah ciri ciri tumbuhan dikotil

1. Bentuk akar tunggang.
2. Pola tulang daun dan bentuk sumsumnya menyirip atau menjari.
3. Tidak memiliki tudung akar.
4. Jumlah keping bijinya dua.
5. Pada akar dan batang, terdapat kambium dan dapat tumbuh serta berkembang menjadi besar.
6. Batangnya bercabang-cabang.
7. Jumlah kelopak bunganya dua, empat, lima, atau kelipatannya.
8. Pembuluh pengangkutnya teratur dalam lingkaran/cincin. 

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Apakah ciri ciri tumbuhan dikotil

Tumbuhan dikotil(berkeping dua). Dari segi akar, tumbuhan dikotil mempunyai akar tunggang. Pada akar ini terdapat kambium, sehingga dapat berkembang biak menjadi besar.
Dari segi batang, tumbuhan dikotil memiliki kambium. Kambium ini terletak secara teratur di antara dua jaringan pengangkut, yaitu xilem dan floem. Kegiatan kambium mengarah pada pembentukan jaringan baru secara melintang sehingga menyebabkan diameter batang membesar.

Bentuk daun tumbuhan dikotil beraneka ragam. Biasanya, panjang daunnya hampir sama dengan lebar daunnya. Tulang daunnya ada yang menyirip dan ada pula yang menjari. Daunnya terletak pada batang atau cabang yang tersebar berhadap-hadapan atau berkarang.
 Bagian-bagian bunga pada tumbuhan dikotil terdiri dari kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Biasanya kelopak, kelopak, mahkota, dan benang sari berjumlah 2, 4, 5, atau kelipatannya, sedangkan putiknya hanya satu.Beberapa suku tumbuhan dikotil adalah suku getah-getahan, suku kacang-kacangan, suku terung-terungan, suku jeruk-jerukan, suku kapas-kapasan.

Sekian tanya-jawab mengenai Apakah ciri ciri tumbuhan dikotil, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.