Tanya Jawab

Jawaban Buatlah contoh teks prosedur dan tentukan ciri ciri teks prosedur, struktur teks prosedur dan kaidah…

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Buatlah contoh teks prosedur dan tentukan ciri ciri teks prosedur, struktur teks prosedur dan kaidah…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Buatlah contoh teks prosedur dan tentukan ciri ciri teks prosedur, struktur teks prosedur dan kaidah kebahasaannya​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Buatlah contoh teks prosedur dan tentukan ciri ciri teks prosedur, struktur teks prosedur dan kaidah kebahasaannya​

Jawaban:

Cara Mudah Membuat Slime Yang Aman

Slime adalah salah satu mainan favorit anak-anak yang bisa dengan mudah kita beli di toko mainan. Tapi slime juga bisa kita buat sendiri di rumah dengan cara seperti berikut ini:

Bahan-bahan:

1 botol slime activator yang bisa didapat di toko-toko terdekat.

1 botol cusson baby oil.

Pewarna makanan secukupnya (warna disesuaikan dengan selera).

1 botol lem povinal.

Sendok dan Piring.

Cara membuat:

1.Campurkan lem povinal dengan pewarna makanan dalam piring hingga warna merata.

2.Setelah tercampur dengan merata, tambahkan slime activator dengan cara menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga campuran membentuk gel dan tidak lengket di piring.

3.Kemudian tambahkan cussons baby oil agar slime tidak lengket di tangan.

4.Slime siap digunakan untuk bermain.

ciri ciri teks prosedur

Menggunakan pola kalimat perintah.

Menggunakan kata kerja aktif.

Menggunakan kata penghubung.

Menggunakan kata keterangan untuk menunjukkan suatu tempat, waktu, serta cara, agar lebih tepat.

struktur teks prosedur

Dalam pembuatan teks, struktur teks merupakan bagian yang sangat penting. Teks Prosedur kompleks memiliki struktur teks yang terbagi menjadi tiga, yaitu:

Tujuan

Bagian ini selain memuat judul juga berisi tentang tujuan atau alasan dari pembuatan teks Prosedur kompleks yang dimaksud, atau hasil akhir yang akan dicapai ketika kita melakukan tahapan atau langkah-langkah pada teks Prosedur kompleks tersebut.

Material

Bagian ini pada umumnya membahas tentang bahan atau material apa saja yang dibutuhkan dan alat apa saja yang diperlukan dalam mengolah material atau bahan tersebut. Bila teks Prosedur kompleks yang akan kita tulis tidak membahas tentang cara pembuatan sesuatu, maka tidak perlu menyertakan material atau bahan.

Langkah-langkah

Pada bagian langkah-langkah ini Anda bisa menjelaskan tentang proses dari tahapan maupun langkah yang perlu dilakukan atau ditempuh demi memperoleh hasil yang sesuai dan yang maksimal sesuai dengan tujuan dari pembuatan teks prosedura kompleks yang dimaksud.

Setiap langkah atau tahapan harus dilakukan secara urut dan tidak boleh secara acak, mulai dari tahap nol sampai membahas hasil yang telah dicapai.

kaidah kebahasaan teks prosedur

konjungsi temporal, kata imperatif, verba material dan tingkah laku, partisipan manusia, bilangan pendanda, kalimat introgatif dan kalimat deklaratif.

 

Penjelasan:

Sekian tanya-jawab mengenai Buatlah contoh teks prosedur dan tentukan ciri ciri teks prosedur, struktur teks prosedur dan kaidah…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.