Tanya Jawab

Jawaban contoh dampak2 globalisasi baik dari segi positif maupun segi negatif! pelajaran kelas 9!​ IPS

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: contoh dampak2 globalisasi baik dari segi positif maupun segi negatif! pelajaran kelas 9!​ IPS, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

contoh dampak2 globalisasi baik dari segi positif maupun segi negatif! pelajaran kelas 9!​ IPS

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: contoh dampak2 globalisasi baik dari segi positif maupun segi negatif! pelajaran kelas 9!​ IPS

JAWABAN:

dampak positif:

-Memperkaya Unsur Kultural Bangsa

-transportasi dan komunikasi semakin meningkat

-terbukanya lapangan kerja

dampak negatif:

-semakin banyak masuk barang barang dari luar negeri

-berkurangnya subsidi untuk rakyat

-memperburuk pertumbuhan ekonomi

PENJELASAN:

Maaf kalau salah

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: contoh dampak2 globalisasi baik dari segi positif maupun segi negatif! pelajaran kelas 9!​ IPS

Jawaban:

Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif globalisasi adalah kita jadi lebih mudah dan nyaman. Globalisasi mampu menghubungkan antar invididu di berbagai belahan dunia. Berikut dampak positif globalisasi:

1. Komunikasi dan Transportasi Manusia Semakin Dinamis

2. Terbukanya Lapangan Kerja

3. Meningkatnya Toleransi dan Semangat Membantu Antar Manusia di Dunia

4. Makin Banyak Negara Menganut Sistem Demokrasi

5. Memperkaya Unsur Kultural Bangsa

6. Peran Aktif Warga Negara

Dampak Negatif Globalisasi

Dampak yang sangat besar. Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan ketika negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara.

Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.

Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif. Sebaliknya, juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Hal tersebut tentu saja selain menjadi keuntungan, juga menjadi ancaman bagi kedaulatan ekonomi suatu negara.

Adapun pengaruh negatif globalisasi ekonomi yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi di antaranya sebagai berikut

1. Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar negeri

2. Penguasaan Modal oleh Asing

3. Kesenjangan Sosial

4. Berkurangnya Subsidi untuk Rakyat

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Sekian tanya-jawab mengenai contoh dampak2 globalisasi baik dari segi positif maupun segi negatif! pelajaran kelas 9!​ IPS, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.