Tanya Jawab

Jawaban contoh teks analisis kausal?

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: contoh teks analisis kausal?, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

contoh teks analisis kausal?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: contoh teks analisis kausal?

Penyebab Tanah Longsor


Tanah longsor adalah perpindahan meterial pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau materia campuran, bergerak ke bawah atau keluar dari lereng. Proses terjadinya tanah longsor, dari air yang meresap menambah berat atau bobot tanah maka tanah menjadi licin dan pelapukan tanag di atasnya akan bergerak mengikuti keluar dari lereng. Tanah lonsor termasuk ke dalam bencana karena bisa merugikan dan membawa dampak buruk untuk kehidupan di sekitarnya.

Terjadinya tanah longsor adalah karena ada beberapa faktor baik karena faktor alami atau faktor manusia. Faktor alami penyebab tanah longsor diantaranya adalah perubahan musim kemarau menjadi musim hujan. Ketika musim kemarau membuat tanah kering karena terjadinya penguapan, menyebabkan munculnya pori-pori atau ringga tanah. Kemudian saat hujan turun, air masuk ke dalam retakan dan menyebabkan longsor. Lereng atau tebing yang terjal akan memperbesar gaya dorong terjadinya tanah longsor, sudut yang menyebabkan longsor adalah 180. Batuan yang kurang kuat, biasanya batuan endapan gunung berapi dan batuan sedimen berukuran pasir, krikl, lempung. Batuan jenis ini mudah menjadi tanah melalui prosese pelapukan dan rentan terjadinya tanah longsor. Getaran juga mengakibatkan longsor baik getaran dari gempa bumi, ledakan, getaran mesin atau getaran lalu lintas kendaraan.

Selain faktor alami, terdapat beberapa faktor non alami atau karena perbuatan manusia baik yang disengaja ataupun tidak. Adanya beban tambahan, seperti bangunan di bagian lereng, beban kendaraan yang memperbesar gaya dorong terjadinya longsor terutama pada tikungan jalan. Tanah longsor umumnya banyak terjadi di daerah yang relatif gundul, daerah gundul menyebabkan pengikatan air tanag sangat kurang. Tumbuh-tumbuhan memiliki fungsi untuk menyerap air kemudian mengikat akir tanah tersebut. Selain itu, penggundulan hutan di sekitar tikungan sungai, tebing akan menjadi terjal. Faktor buatan manusia lainnya adalah menggunakan lapisan tanah yang rendah untuk pembuangan sampah. Pembuangan dalam jumlah banuak dapat mengakibatkan longsor, ditambah lagi dengan guturan hujan semakin memudahkan tanah amblas.

Terjadinya bencana tanah longsor yang merugikan mahluk hidup disekitarnya dan disebebkan oleh faktor alami dan faktor manusia. Faktor alam diantaranya adalah pergantian musim dari kemarau ke hujan yang membuat retakan tanah, jenis tanag dan batuan, lereng terjal, batuan yang kurang kuat dan getaran alam yaitu gempa bumi. Sedangkan faktor manusia adalah akibat ulah manusia yaitu beban tambahan tanah akibat bangunan dan kendaraan, pengundulan hutan, dan pembuangan sampah. Tanah longor merupakan salah satu bencana alam, oleh karena itu harus mencegah atau mengurangi faktor akibat ulah manusia.

Sekian tanya-jawab mengenai contoh teks analisis kausal?, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.