Tanya Jawab

Jawaban Contoh teks berita Saatnya Ali Adrian Membanggakan Indonesia di Moto2 TANGERANG- Pembalap muda Indon…

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Contoh teks berita Saatnya Ali Adrian Membanggakan Indonesia di Moto2 TANGERANG- Pembalap muda Indon…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Contoh teks berita Saatnya Ali Adrian Membanggakan Indonesia di Moto2 TANGERANG- Pembalap muda Indonesia, Ali Adrian, akan berlaga di CEF Moto2 European Championship 2020. Melihat kesempatan yang terbuka lebar, ayah Adrian, Erin Rangga, menilai bahwa inilah saat yan tepat untuk putranya membanggakan Indonesia di Moto2 level kejuaraan Eropa tersebut. Adrian bergabung dengan Tim Pertamina Moto2 Racing selama berlaga di CEF Moto2 musim ini. Erin mengaku senang melihat pemerintah dan Pertamina memberikan dukungan besar untuk putranya bertarung di ajang balap motor kelas internasional. “Alhamdulillah Adrian bias memperkuat Tim Pertamina. Kesiapan inilah yang membuat saya yakin bahwa sekarang adalah waktunya Adrian. Dengan kesempatan ini, dia bias membawa nama Indonesia di level internasional,’’ kata Erin kepada Okezone, belum lama ini. Tidak hanya pihak keluarga, Erin menyatakan bahwa pelatih Adrian, yakni David Gracia, juga turut senang bias melihat anak asuhnya berkompetisi di ajang CEF Moto2 musim ini. Garcia sendiri memang sudah lama bekerja sama dengan pembalap berusia 22 tahun itu. Bahkan dia juga bekerja sama dengan rider MotoGP, Esteve ‘Tito’ Rabat. “David Gracia itu kan menilai Adrian ada bakat untuk jadi seorang juara. Makanya David senang sekali mendengar pertamina dan pemerintah akan terus mendukung Adrian,’’ terang Erin.

Sebutkan unsur-unsur (5W + 1H) pada berita di atas!​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Contoh teks berita Saatnya Ali Adrian Membanggakan Indonesia di Moto2 TANGERANG- Pembalap muda Indonesia, Ali Adrian, akan berlaga di CEF Moto2 European Championship 2020. Melihat kesempatan yang terbuka lebar, ayah Adrian, Erin Rangga, menilai bahwa inilah saat yan tepat untuk putranya membanggakan Indonesia di Moto2 level kejuaraan Eropa tersebut. Adrian bergabung dengan Tim Pertamina Moto2 Racing selama berlaga di CEF Moto2 musim ini. Erin mengaku senang melihat pemerintah dan Pertamina memberikan dukungan besar untuk putranya bertarung di ajang balap motor kelas internasional. “Alhamdulillah Adrian bias memperkuat Tim Pertamina. Kesiapan inilah yang membuat saya yakin bahwa sekarang adalah waktunya Adrian. Dengan kesempatan ini, dia bias membawa nama Indonesia di level internasional,’’ kata Erin kepada Okezone, belum lama ini. Tidak hanya pihak keluarga, Erin menyatakan bahwa pelatih Adrian, yakni David Gracia, juga turut senang bias melihat anak asuhnya berkompetisi di ajang CEF Moto2 musim ini. Garcia sendiri memang sudah lama bekerja sama dengan pembalap berusia 22 tahun itu. Bahkan dia juga bekerja sama dengan rider MotoGP, Esteve ‘Tito’ Rabat. “David Gracia itu kan menilai Adrian ada bakat untuk jadi seorang juara. Makanya David senang sekali mendengar pertamina dan pemerintah akan terus mendukung Adrian,’’ terang Erin.

Sebutkan unsur-unsur (5W + 1H) pada berita di atas!​

1) Pembalap muda Indonesia siap berlaga di CEF Moto2 European Championship 2020 (WHAT)

2) Dalam waktu dekat ini (WHEN)

3) Adrian Ali, Erin Rangga, dan David Gracia (WHO)

4) Adrian Ali dinilai mampu menjadi juara & membanggakan nama bangsa Indonesia di kejuaraan level Internasional (WHY)

5) Eropa (WHERE)

6) Pemerintah dan Pertamina memberikan dukungan penuh (HOW)

PEMBAHASAN

Teks berita adalah teks yang berisi peristiwa penting yang hangat diperbincangkan. Teks berita terkait siaran berita yang disebarluaskan melalui media massa.

Untuk mengetahui lebih jauh isi yang terkandung dalam teks berita dengan memahani metode ADIKSIMBA. ADIKSIMBA merujuk pada pertanyaan 5W+1H yang menjadi unsur penting teks berita.

1) What ➡ Apa yang diberitakan.

2) Where ➡ Di mana kejadian tersebut terjadi.

3) When ➡ Kapan peristiwa tersebut terjadi.

4) Who ➡ Siapa yang dilibatkan dalam peristiwa tersebut

5) Why ➡ Mengapa peristiwa tersebut terjadi.

6) How ➡ Bagaimana terjadinya peristiwa.

—-

Langkah sebelum menjawab metode pertanyaan 5W+1H adalah membaca keseluruhan teks. Kemudian, skimming apa yang disinggung dalam teks. Teks berita di atas memuat berita tentang Adrian Ali (Pembalap muda Indonesia) yang akan berlaga di kejuaraan balap motor Eropa dalam waktu dekat ini. Adrian Ali dianggap mampu menjadi juara dan membanggakan nama bangsa Indonesia di kejuaraan level Internasional. Dengan pemberian penuh dukungan dari Pemerintah dan Pertamina diyakini membakar semangat Adrian Ali untuk bisa bertarung optimal di laga balap motor Internasional tersebut.

—-

Pelajari lebih lanjut

Kaidah kebahasaan teks berita

https://brainly.co.id/tugas/31883626

Sekian tanya-jawab mengenai Contoh teks berita Saatnya Ali Adrian Membanggakan Indonesia di Moto2 TANGERANG- Pembalap muda Indon…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.