Tanya Jawab

Jawaban Dari hasil percobaan bertahun-tahun dengan menggunakan kacang ercis Mendel menghasilkan kesimpulan y…

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Dari hasil percobaan bertahun-tahun dengan menggunakan kacang ercis Mendel menghasilkan kesimpulan y…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Dari hasil percobaan bertahun-tahun dengan menggunakan kacang ercis Mendel menghasilkan kesimpulan yang dikenal dengan hukum Mendel 1 dan 2. Adapun Hukum Mendel 1 secara umum menerangkan bahwa…..

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Dari hasil percobaan bertahun-tahun dengan menggunakan kacang ercis Mendel menghasilkan kesimpulan yang dikenal dengan hukum Mendel 1 dan 2. Adapun Hukum Mendel 1 secara umum menerangkan bahwa…..

Jawaban:

Adapun Hukum Mendel 1 secara umum menerangkan bahwa…..

1. Hukum pemisahan (segregation) dari Mendel, juga dikenal sebagai Hukum Pertama Mendel,

  • Hukum Mendel I

Hukum Mendel I dikenal juga dengan Hukum Segregasi menyatakan: “pada pembentukan gamet kedua gen yang merupakan pasangan akan dipisahkan dalam dua sel anak”. Hukum ini berlaku untuk persilangan monohibrid (persilangan dengan satu sifat beda).

  • Secara garis besar, hukum ini mencakup tiga pokok:

a. Gen memiliki bentuk-bentuk alternatif yang mengatur variasi pada karakter turunannya. Ini adalah konsep mengenai dua macam alel; alel resisif (tidak selalu nampak dari luar, dinyatakan dengan huruf kecil, misalnya w dalam gambar di sebelah), dan alel dominan (nampak dari luar, dinyatakan dengan huruf besar, misalnya R).

b. Setiap individu membawa sepasang gen, satu dari tetua jantan (misalnya ww dalam gambar di sebelah) dan satu dari tetua betina (misalnya RR dalam gambar di bawah ini).

c. Jika sepasang gen ini merupakan dua alel yang berbeda, alel dominan akan selalu terekspresikan (nampak secara visual dari luar). Alel resesif yang tidak selalu terekspresikan, tetap akan diwariskan pada gamet yang dibentuk pada turunannya

Sekian tanya-jawab mengenai Dari hasil percobaan bertahun-tahun dengan menggunakan kacang ercis Mendel menghasilkan kesimpulan y…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.