Tanya Jawab

Jawaban Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah….

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah…., maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah….

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah….

Jawaban:

  1. Tengkurap di atas lantai. 
  2. Angkat tubuh menggunakan lengan kamu dengan kuat.
  3. Pilih gaya push up yang sesuai dengan kamu. 
  4. Turunkan tubuh sampai siku membentuk sudut 90 derajat.
  5. Angkat tubuh dengan mendorong lantai. 
  6. Ulangi cara diatas dengan interval yang tetap.

Penjelasan:

Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. 

Berikut cara melakukan gerakan push up :

  • Tengkurap di atas lantai.Jagalah jarak kedua kaki kamu supaya tetap berdekatan, dan semua berat badan harus dibebankan pada bagian dada kamu. Selanjutnya, letakkan telapak tangan kamu di atas lantai dengan lebar kira-kira sebahu. Dan dengan posisi siku yang mengarah pada jari kaki kamu. Tekuk jari-jari kaki ke arah atas, dan pangkal jari kaki kamu harus menyentuh lantai.
  • Angkat tubuh menggunakan lengan kamu dengan kuat.Pada posisi ini, berat badan kamu akan ditopang hanya pada lengan dan jari kaki. Posisi dari tubuh kamu harus lurus mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, tidak boleh bengkok. Dan posisi ini harus tetap terjaga mulai dari awal posisi push up hingga akhir push up.
  • Pilih gaya push up yang sesuai dengan kamu.Pada dasarnya ada 3 jenis push up dasar, yang pada setiap gayanya menggunakan otot yang berbeda. Perbedaannya adalah, posisi tangan kamu ketika sedang pada posisi lurus. Semakin dekan jarak antara kedua tangan, maka otomatis semakin besar kamu menggunakan otot trisep. Semakin lebar jarak antar kedua tangan, maka semakin besar kamu menggunakan otot dada kamu.
  • Turunkan tubuh dengan siku membentuk 90°. Tetapkan siku kamu agar berada di dekat tubuh kamu, ini bertujuan untuk menghasilkan resistensi yang lebih besar. Hadapkan wajah kamu ke depan. Dan jagalah posisi tubuh kamu untuk tetap lurus dari ujung kepala sampai ujung kaki, jangan sekali-kali menurunkan atau menaikkan pinggul kamu, karena ini akan membuat push up tidak efektif. Tariklah nafas sembari menurunkan tubuh kamu. Turunkan tubuh kamu hingga mendekati lantai dengan jarak satu kepalan tangan.
  • Angkat tubuh dengan mendorong lantai.Lakukan hembusan nafas ketika kamu mengangkat tubuh kamu menjauh dari lantai. Kekuatan untuk mendorong tubuh berasal dari otot bahu dan juga otot dada. Otot trisep juga akan terkontraksi, tetapi ini bukan otot utama yang digunakan. Jangan menggunakan otot perut dan pantat kamu untuk melakukan push up. Lakukan dorongan ini hingga kamu berada pada posisi awal yaitu posisi lurus dan jangan sampai mengunci.
  • Ulangi cara di atas dengan interval yang tetap.Setiap kamu melakukan gerakan naik dan turun, itu akan terhitung sebagai 1 kali gerakan push up. Lakukan gerakan push up sebanyak satu set dahulu untuk pemula agar tidak terlalu membebani kinerja otot. Atau kamu bisa melakukan push up hingga kemampuan maksimum kamu.

Itulah cara melakukan olahraga push up yang benar. Melakukan push up dengan benar akan berakibat pada efektifitas olahraga push up itu sendiri, karena push up yang efektif akan mendapatkan hasil yang memuaskan juga.

jadikan jawaban terbaik yaa :)

~ semoga membantu ~

Sekian tanya-jawab mengenai Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push-up adalah…., semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.