Tanya Jawab

Jawaban Iodium (I2) dapat dibuat melalui reaksi: MnO2 + 2 NaI + 2 H2SO4 → MnSO4 +Na2SO4 + 2 H2O + I2 Nama sa…

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Iodium (I2) dapat dibuat melalui reaksi: MnO2 + 2 NaI + 2 H2SO4 → MnSO4 +Na2SO4 + 2 H2O + I2 Nama sa…, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Iodium (I2) dapat dibuat melalui reaksi: MnO2 + 2 NaI + 2 H2SO4 → MnSO4 +Na2SO4 + 2 H2O + I2 Nama salah satu pereaksi yang paling tepat dari persamaan reaksi tersebut adalah ….

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Iodium (I2) dapat dibuat melalui reaksi: MnO2 + 2 NaI + 2 H2SO4 → MnSO4 +Na2SO4 + 2 H2O + I2 Nama salah satu pereaksi yang paling tepat dari persamaan reaksi tersebut adalah ….

Iodium (I2) dapat dibuat melalui reaksi kimia berikut ini :

MnO2 + 2NaI + 2H2SO4 ⇒ MnSO4 + Na2SO4 + 2H2O + I2

nama-nama zat reaktan tersebut adalah :

MnO2 : Mangan oksida

NaI : Natrium iodida

H2SO4 : asam sulfat

Pembahasan

Persamaan reaksi kimia merupakan pernyataan yang ditulis dengan rumus kimia yang menginformasikan identitas dan kuantitas zat-zat yang terlibat dalam suatu perubahan kimia ataupun fisika. Semua zat dalam reaksi kimia yang jumlahnya berkurang setelah reaksi, disebut reaktan, ditempatkan di sebelah kiri tanda panah yang mengarah ke kanan. Pada sebelah kanan tanda panah terdapat hasil reaksi (produk), yakni semua zat yang dihasilkan dari reaksi. Kuantitas produk bertambah seiring berjalannya reaksi.

Suatu reaksi kimia harus memiliki kesetaraan unsur-unsur pembentuk antara produk dan reaktan. Oleh karena itu penyetaraan reaksi dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :

  • memberikan koefisien reaksi yang dinyatakan dengan variabel (misalnya a, b, c, dan d) pada setiap zat baik produk maupun reaktan;
  • menyusun persamaan matematis berdasarkan kesamaan jumlah atom unsur yang sama di ruas kiri maupun kanan, di mana jumlah atom = koefisien × indeks; dan
  • menyelesaikan persamaan-persamaan matematis yang diperoleh dari langkah 2 dengan sebelumnya dengan menetapkan koefisien salah satu zat sama dengan 1, di mana zat yang dipilih biasanya adalah zat dengan rumus kimia paling kompleks.

Contoh :

a Zn + bHCl ⇒ cZnCl2 + dH2

Sehingga diperoleh persaman matematis berikut :

atom Zn : a = c

atom H  : b = 2d

atom Cl  : b = 2c

jika c =1, maka diperoleh nilai a=1, b=2 dan d=1. Sehingga diperoleh reaksi setara berikut :

Zn (s) + 2HCl (aq)  ⇒  ZnCl2 (s) + H2 (g)

Pelajari lebih lanjut

  • reaksi kimia di link brainly.co.id/tugas/9794641
  • reaksi redoks di link brainly.co.id/tugas/9527368
  • stoikiometri di link brainly.co.id/tugas/8915891

Detail tambahan

Kelas : X SMA

Mapel : Kimia

Materi : Tata nama senyawa dan persamaan reaksi

Kode : 10.7.7

Kata Kunci: Reaksi kimia, penyetaraan

Sekian tanya-jawab mengenai Iodium (I2) dapat dibuat melalui reaksi: MnO2 + 2 NaI + 2 H2SO4 → MnSO4 +Na2SO4 + 2 H2O + I2 Nama sa…, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.