Tanya Jawab

Jawaban Kenapa ada upacara penurunan bendera?

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Kenapa ada upacara penurunan bendera?, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Kenapa ada upacara penurunan bendera?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Kenapa ada upacara penurunan bendera?

Adanya upacara penurunan bendera dilakukan karena hal sebagai berikut :

1. menyimpan kembali bendera sang saka merah putih

2. sebagai tanda berkabung nasional

pembahasan

Upacara bendera adalah sebuah penghormatan yang dilakukan oleh sekelompok orang terhadap bangsa dan negara atau seseorang yang memiliki pengaruh besar sehingga dikenang oleh banyak orang, biasanya penghormatan ini dilakukan dengan cara berkumpul di suatu tempat dan menaikkan bendera hingga di ujung atas tiang pancang lalu bersikap hormat. Bendera dipilih menjadi sebuah tanda kehormatan yang dapat mewakili suatu substansi.

Pada umumnya upacara bendera biasanya dilaksanakan setiap hari senin pagi yang bisa kita lihat di sekolah dan perkantoran pemerintah.

Tidak hanya itu saja, upacara bendera juga dilaksanakan saat hari kemerdekaan suatu negara misalnya Indonesia melakukan pelaksanaan upacara bendera secara serentak pada hari kemerdekaannya yaitu tanggal 17 Agustus. Upacara bendera dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan, sesi pertama untuk menaikkan bendera pada pagi hari dan sesi kedua untuk menurunkan bendera pada sore hari.

Adanya upacara penurunan bendera dilakukan karena hal sebagai berikut :

1. Menyimpan kembali bendera sang saka merah putih

Hal ini dilakukan sebagai tanda kehormatan setinggi-tingginya pada bendera negara yang masih asli saat penggunaannya pertama kali pada kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, setelah itu dengan alasan tertentu pemerintah memutuskan penggunaan bendera asli hanya dikibarkan pada pagi hari upacara kemerdekaan dan dilanjutkan pada sore hari untuk diturunkan lalu disimpan dengan penjagaan baik. Tujuan hal ini semata-mata menjaga keaslian bendera dari kerusakan, kecacatan pada kain bendera, dan sebagainya.

2. Sebagai tanda berkabung nasional

Upacara penurunan bendera dalam konteks ini sebagai pernyataan perasaan berkabung seluruh masyarakat atas terjadinya suatu bencana yang dialami oleh wilayah yang terkena dampak parah ataupun karena meninggalnya seorang tokoh yang memiliki pengaruh besar dan dikenang atas jasanya misalnya seperti upacara penurunan bendera selama 3 hari pasca meninggalnya eks Presiden Republik Indonesia, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie. Namun penurunan bendera hanya setengah tiang saja dalam waktu sementara.

———————————————————

Pelajari lebih lanjut

• Sejarah bendera merah putih

https://brainly.co.id/tugas/11782090

• Penerapan makna proklamasi saat upacara bendera

https://brainly.co.id/tugas/16831189

• Resume upacara pengibaran bendera dan penurunan bendera

https://brainly.co.id/tugas/17112651

——————————————————–

Detail jawaban

Mapel : Ilmu Sosial

Kelas : V SD

Bab : VIII

Materi : Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Kode Kategorisasi : 5.10.8

Kata Kunci : upacara, bendera, penaikan bendera, penurunan bendera, merah putih, kemerdekaan

#TingkatkanPrestasimu

Sekian tanya-jawab mengenai Kenapa ada upacara penurunan bendera?, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.