Tanya Jawab

Jawaban Mengapa kita wajib menghormati orang tua /guru dan bagaimana cara menghormati mereka?

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Mengapa kita wajib menghormati orang tua /guru dan bagaimana cara menghormati mereka?, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Mengapa kita wajib menghormati orang tua /guru dan bagaimana cara menghormati mereka?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Mengapa kita wajib menghormati orang tua /guru dan bagaimana cara menghormati mereka?

[tex]\huge{\purple{\mathbb{QUESTION \::}}}[/tex]

  • Mengapa kita wajib menghormati orang tua / guru dan bagaimana cara menghormati mereka?.

[tex]\green{ \blue { \fcolorbox{blue}{cyan}{ \boxed{ \bold {{ \tt{} \orange{ {\purple{\overbrace{\purple{\underbrace{\color{blue}{\mathbb{{INTRODUCTION}}}}}}}} }}}}}}}[/tex]

Akhlak dan perilaku seseorang yang ia terapkan dalam kehidupan sehari – hari merupakan cerminan dari kadar keimanan dan ketakwaan. Karena semakin seseorang memiliki iman yang tebal, semakin ia berakhlak mulia dan berperilaku baik terhadap orang di sekitarnya. Terutama akhlak dan perilaku yang ia tunjukkan kepada kedua orang tua dan gurunya. Karena mereka merupakan sosok yang paling besar jasa dan perannya dalam kehidupan seorang manusia. Orang tua bekerja keras dan rela mengorbankan apa pun demi kesejahteraan anaknya tanpa mengharap balasan dari mereka. Sedangkan para guru adalah orang yang menyampaikan ilmu, memberikan pengetahuan dan teladan bagi anak didiknya. Hormat dan patuh kepada mereka adalah kewajiban bagi setiap mukmin.

[tex]\green{ \blue { \fcolorbox{blue}{cyan}{ \boxed{ \bold {{ \tt{} \orange{ {\purple{\overbrace{\purple{\underbrace{\color{blue}{\mathbb{{ANSWER \: + \: EXPLANATION}}}}}}}} }}}}}}}[/tex]

[tex]\fcolorbox{blue}{black}{\color{lightblue}{Berbuat\:Baik\:kepada\:Kedua\:Orang\:Tua}} [/tex]

Kedua orang tua merupakan sosok terpenting yang ada dalam kehidupan seseorang. Keduanya memiliki peran yang besar dalam kehidupan seseorang. Kepada kedua orang tua, kita diperintahkan untuk bersikap baik dan menghormatinya. Seorang anak wajib melaksanakan birrul walidin, yaitu berbuat baik atau berbakti terhadap kedua orang tuanya. Allah Swt. berfirman dalam ayat – Nya berikut.

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا.

[tex]{ \boxed{ \green{ \colorbox{black}{ \purple A \pink r \purple t \pink i \purple n \pink y \purple a \pink : }}}} [/tex]

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik – baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua – duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali – kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.❞ (Q.S. alIsra [17] : 23)

Ayat tersebut menjelaskan tentang perintah berbuat baik kepada kedua orang tua. Mengucapkan kata ❝ah❞ kepada orang tua tidak dibolehkan oleh agama kerana dapat menyakiti perasaan orang tua, apalagi mengucapkan kata – kata atau memperlakukan mereka dengan lebih besar daripada itu. Perintah untuk berlaku ihsan kepada orang tua disebutkan pada ayat tersebut bersebandingan dengan larangan menyekutukan Allah Swt.. Hal ini menunjukkan betapa besar kemuliaan yang diperoleh bagi seorang mukmin untuk berbakti dengan berbuat baik kepada orang tuanya.

Banyak hikmah yang dapat diperoleh seorang muslim yang berbakti kepada orang tua, yaitu amalan yang sangat dicintai Allah Swt., kelak ia akan dihormati oleh anak – anaknya, dan akan mendapat ridha dari Allah karena diridhai oleh orang tua. Terdapat banyak cara untuk berbakti kepada orang tua, sebagai berikut.

  1. Mematuhi nasihat dan perintah orang tua.
  2. Berbuat baik, sopan, perintah orang tua.
  3. Memelihara dan menjaga orang tua.
  4. Mendo’akan orang tua.

[tex]\fcolorbox{blue}{black}{\color{lightblue}{Berbuat\:Baik\:kepada\:Guru}} [/tex]

Guru adalah orang yang mengajarkan kita ilmu pengetahuan dan budi pekerti yang mulia. Guru juga memiliki peran besar dalam kehidupan seseorang. Guru mengajarkan tentang ilmu yang berguna dan mendidik akhlak anak didiknya. Sikap terhadap guru juga harus dijaga sebagaimana sikap terhadap kedua orang tua,  sebab guru merupakan orang tua kedua setelah kedua orang tua kandungan kita. Kita wajib menghormati dan menyenangkan hati guru dengan menaati perintahnya dan mengerjakan tugas – tugasnya dengan baik.

Ketika guru menyampaikan pelajaran, terimalah dengan sikap ikhlas dan senang, sehingga ilmu yang kita dapatkan bermanfaat. Anak didik yang sopan dan rendah hati akan mendapatkan manfaat dari ilmu yang diajarkan oleh guru. Hindari bersikap sombong kepada guru. Sikap sombong dari seorang anak didik hanya akan memperburuk perilakunya. Hormat dan taat kepada guru dapat diwujudkan dengan sikap berikut.

  1. Memberi salam ketika bertemu dengan guru.
  2. Menjabat tangan dan mencium tangannya.
  3. Menghadapinya dengan senyum.
  4. Bersilaturahmi kepada guru baik ketika ia sehat atau sakit.
  5. Mendo’akan guru.

●▬▬▬▬๑۩ⓟⓤⓡⓔ۩๑▬▬▬▬●

DETAIL JAWABAN :

Mapel : PAI.

Kelas : VII – SMP.

Materi : Menghormati Orang Tua dan Guru.

Bab : 8 – Menghormati Orang Tua Serta Guru dan Berempati.

Kode Soal : 14.

Kode Kategorisasi : 7.14.8.

●▬▬▬▬๑۩ⓟⓤⓡⓔ۩๑▬▬▬▬●

YOU CAN DO IT..

NEVER GIVE UP..

❂✿❂✿❂ – ✿❂✿❂

Sekian tanya-jawab mengenai Mengapa kita wajib menghormati orang tua /guru dan bagaimana cara menghormati mereka?, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.