Tanya Jawab

Jawaban pengertian BUMN dan contoh BUMN ​

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: pengertian BUMN dan contoh BUMN ​, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

pengertian BUMN dan contoh BUMN ​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: pengertian BUMN dan contoh BUMN ​

Jawaban:

BUMN adalah kepanjangan dari istilah tersebut adalah Badan Usaha Milik Negara. Mungkin beberapa sudah sangat familiar dengan nama-nama perusahaan besar.

Mulai dari Pertamina, PLN, Garuda Indonesia, Pegadaian, semua itu termasuk badan usaha milik negara Secara umum BUMN atau badan usaha milik negara yaitu badan usaha yang sebagian atau keseluruhan kepemilikan dikuasai oleh negara. Negara dalam hal ini khususnya negara kesatuan Republik Indonesia. Badan usaha milik negara juga ada yang dalam bentuk usaha nirlaba.

Tujuan berdirinya badan usaha milik negara berbasis nirlaba ini adalah menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Badan usaha milik negara hadir sebagai perwujudan pemerintah dalam berperan sebagai pelaku ekonomi. Selain itu soal permodalan badan usaha milik negara, baik sebagian maupun seluruhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Bahkan pengertian dari BUMN sendiri telah diatur dalam undang-undang. Tepatnya pada undang-undang no.19 tahun 2003 pasal 1. Dalam pasal tersebut disebutkan jika badan usaha milik negara merupakan sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh pemerintah.

Dari modalnya sendiri diperoleh melalui penyertaan langsung yang berasal dari kekayaan negara dan sengaja dipisahkan. Dalam pasal tersebut juga disebutkan jika kegiatan utama badan usaha milik negara adalah mengelola cabang-cabang produksi yang penting bagi negara. Dalam rangka mewujudkan kemakmuran rakyat.

contoh dari badan usaha milik negara sesuai dengan bidang masing-masing

• Bidang pemberdayaan energi, contohnya seperti PT. PLN yang menyediakan kebutuhan listrik masyarakat, PT. Perusahaan Gas Negara, PT. Tambang Bukit Asam yang menyediakan bahan bakar batu bara.

• Bandar udara, badan usaha milik negara dalam bidang ini saat ini masih dipegang oleh PT. Angkasa Pura

• Angkutan darat, contohnya seperti perum DAMRI menyediakan layanan bus, serta PT. Kereta Api Indonesia

• Logistik, misalnya PT. pos Indonesia dan Perum Bulog

• Perbankan, termasuk PT. BNI, PT. BRI, PT.BTN, serta PT. Bank Mandiri, tbk

• Farmasi seperti PT. Kimia Farma Tbk serta PT. Bio Farma

• Bidang Asuransi ada PT. Asuransi jasa Raharja, PT. Asuransi Jiwasraya, PT. Taspen, serta PT. Jamsostek.

• Jasa konstruksi, termasuk PT. Adhi Karya Tbk, PT. Istaka Karya, PT. Hutama Karya, serta Perum Pengembangan Perumahan Nasional

• Bidang pelayaran ada PT. Pelni atau Pelayaran Nasional Indonesia

• Usaha penerbangan sudah ada PT. Garuda Indonesia

Sekian tanya-jawab mengenai pengertian BUMN dan contoh BUMN ​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.