Tanya Jawab

Jawaban sebutkan hal hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan model EOQ

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: sebutkan hal hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan model EOQ, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

sebutkan hal hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan model EOQ

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: sebutkan hal hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan model EOQ

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan model EOQ yaitu biaya penyimpanan (carrying cost/holding cost) dan biaya pemesanan (ordering cost/acquisition cost). Metode Economic Order Quantity (EOQ) atau dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan Jumlah Pemesanan Ekonomis adalah salah satu metode yang paling sering digunakan dalam menentukan jumlah kuantitas pesanan pada Manajemen Persediaan. EOQ dapat membantu suatu perusahaan dalam menentukan jumlah unit yang dipesan agar tercapai biaya pemesanan dan biaya persediaan seminimal mungkin.

Pembahasan

Economic Order Quantity pertama kali dikembangkan oleh F. W. Haris pada tahun 1915 dengan mengembangkan formula kuantitas pesanan ekonomis. Ini adalah salah satu model tertua penjadwalan produksi klasik. Kerangka kerja yang digunakan untuk menentukan kuantitas pesanan ini juga dikenal sebagai Wilson EOQ Model atau Wilson Formula.

Definisi Menurut Prof. Dr. Bambang Rianto Economic Order Quantity adalah jumlah kuantitas barang yang dapat diperoleh dengan biaya minimal, atau sering dikatakan sebagai jumlah pembelian yang optimal.

Definisi Menurut Drs. Agus Ahyadi Economic Order Quantity adalah jumlah pembelian bahan baku yang dapat memberikan minimalnya biaya persediaan. Dari dua definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa EOQ merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengoptimalkan pembelian bahan baku yang dapat menekan biaya-biaya persediaan sehingga efisiensi persediaan bahan dalam perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Rumus EOQ yang bisa digunakan adalah :

EOQ = √2SD/H

Keterangan :

D : Penggunaan atau permintaan yang diperkirakan per periode waktu.

S : Biaya pemesanan ( persiapan pesanan dan penyiapan mesin ) per pesanan.

H : Biaya penyimpanan per unit per tahun

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang kelebihan dan kelemahan EOQ https://brainly.co.id/tugas/2314785

2. Materi tentang kelebihan dan kekurangan EOQ

https://brainly.co.id/tugas/14944671

3. Materi tentang kelebihan dan kelemahan metode EOQ

https://brainly.co.id/tugas/10771194

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 6 – Konsep Manajemen

Kode: 10.12.6

Kata Kunci: EOQ, Economic Order Quantity

Sekian tanya-jawab mengenai sebutkan hal hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan model EOQ, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.