Tanya Jawab

Jawaban Serabut panjang yang terdapat pada sel saraf

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Serabut panjang yang terdapat pada sel saraf, maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Serabut panjang yang terdapat pada sel saraf

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Serabut panjang yang terdapat pada sel saraf

Serabut saraf ini berisi plasma sel. Pada bagian luar akson terdapat lapisan lemak disebut mielin yang dibentuk oleh sel Schwann yang menempel pada akson. Sel Schwann merupakan sel glia utama pada sistem saraf perifer yang berfungsi membentuk selubung mielin.

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Serabut panjang yang terdapat pada sel saraf

Jawabannya Neurit..

Neurit adalah serabut sel saraf panjang yang merupakan penjuluran sitoplasma badan sel. Neurit disebut juga akson. Neurit mirip dengan dendrit. Namun neurit hanya ada satu dan berukuran lebih besar dan lebih panjang dari dendrit. Di dalam neurit terdapat benang-benang halus yang disebut neurofibril. Akson berperan dalam menghantarkan impuls dari badan sel menuju efektor, seperti otot dan kelenjar. Walaupun diameter akson hanya beberapa mikrometer, namun panjangnya bisa mencapai 1 hingga 2 meter. Fungsi neurit adalah untuk meneruskan impuls dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya.

Sekian tanya-jawab mengenai Serabut panjang yang terdapat pada sel saraf, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.