Tanya Jawab

Jawaban tahapan alur pemaparan(?)

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: tahapan alur pemaparan(?), maka kamu berada di tempat yang tepat.
Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

tahapan alur pemaparan(?)

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: tahapan alur pemaparan(?)

Pemaparan adalah tahap penulis mengenalkan tokoh-tokoh dan latar yang ada di dalam cerita. Masing-masing tokoh memiliki sifat yang unik dan berbeda

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: tahapan alur pemaparan(?)

Pemunculan Masalah atau Konflik
Pada tahap ini penulis mulai memunculkan masalah yang dihadapi tokoh-tokoh di dalam cerita. Pembaca mulai disiapkan untuk suatu konflik yang akan terjadi di bagian berikutnya. Konflik adalah benturan yang terjadi akibat pertemuan sifat tokoh-tokoh di dalam cerita. Di tahap pemaparan disebutkan bahwa setiap tokoh memiliki sifat yang unik dan berbeda. Perbedaan sifat ini dibutuhkan untuk menciptakan konflik..
Klimaks
Pada tahap ini, konflik mencapai puncaknya. Tahap klimaks adalah bagian yang paling menegangkan di dalam cerita. Tahap-tahap alur sebelumnya dibangun untuk mencapai tahap ini.
Antiklimaks
Pada tahap ini ketegangan menurun. Solusi atas masalah telah ditemukan.
Penutup atau Akhir Cerita atau Penyelesaian
Pada tahap ini, cerita diakhiri. Akhir cerita tidak selalu bahagia. Bisa jadi tokoh yang disukai pembaca justru menjalani akhir yang menyedihkan. Pada umumnya, penulis menjelaskan nasib tokoh-tokoh đidalam novel. Namun, adakalanya tidak. Akhir novel dibiarkan mengambang sehingga pembaca harus menebak-nebak atau megambil simpulan sendiri tentang nasib tokoh-tokohnya.

Sekian tanya-jawab mengenai tahapan alur pemaparan(?), semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.